MATERI KELAS 9 LABEL


MATERI    LABELS
KELAS  9F
TGL DAN WAKTU  02 SEPTEMBER 2020







a. Pengertian Label


Label adalah keterangan detail dari sebuah produk yang tertulis di luar kemasan, Dengan tujuan memberikan informasi baik cara menggunakan ataupun komposisi dari sebuah produk. 


Dengan adanya label, konsumen atau kita yang akan menggunakan produk tersebut lebih jelas mengenai baha ataupun cara menggunakannya.

b. Tujuan Label Produk  


Adapun tujuannya sebagai berikut:
1.      Memberi informasi rinci tentang isi produk yang diberi label tanpa harus membuka kemasan.
2.      Sebagai sarana komunikasi produsen kepada konsumen tentang hal-hal yang perlu diketahui oleh konsumen tentang produk tersebut, terutama hal-hal yang kasat mata atau tak diketahui secara fisik.
3.      Memberi petunjuk yang tepat pada konsumen hingga diperoleh fungsi produk yang optimum.
4.      Sarana periklanan bagi produsen.
5.      Memberi ‘rasa aman’ bagi konsumen.

c. Contoh Label

1. Kemasan Frisian Flag


2. Lays



Tujuan dari kedua teks label diatas adalah to give detailed information about Nutrition Facts (memberikan informasi rinci tentang Informasi gizi).

Berikut ini contoh soal latihan labe produk., selamat membaca.

Read the following text and answer questions 1 to 4.

MILK CALCIUM
Dietary Supplement
600 mg 100 Soft gels
Supplement Facts
Serving size : 1 soft gel
Amount per 1 soft gel                               % Daily Value*
Vitamin D                               200 IU                  50
Calcium (from milk)                600 mg                60
Zinc                                          15 mg                *
*Daily value has not been established
Other ingredients: Gelatin, Glycerin, Purified Water
Directions: As a dietary supplement, take one soft gel for adults daily.
Manufactured for:                                 EXP 04 27 10
NU-HEALTH PRODUCTS CO.            LOT   2 75 61
Walnut, CA 91789
Made in U.S.A.

1. The label is telling us about … of a dietary supplement.
     A.  the information 
     B.  the usage
     C.  the materials
     D.  the benefits

• Kemampuan yang diuji : Menentukan gambaran umum text LABEL 
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan gambaran umum dari teks tersebut.

2. When would it be best to consume the product?

    A. Before April 27th , 2010.
    B. After April   4th, 2010.
    C. During  April   4th, 2010.
    D. On April   4th, 2010.

• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi rinci tersurat 
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi rinci dari teks tersebut.

3. How many soft gels does someone take everyday?

    A. 1 gel.
    B. 15 mg.
    C. 200 IU.
    D. 600 mg.

• Kemampuan yang diuji : Menentukan informasi tersirat 
• Indikator : Disajikan satu teks LABEL, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut. 

4. “Daily value has not been established.” (Line 10)
     What is the meaning of the word “established”?
     A. Ordered.            
     B. Determined.       
     C. Carried
     D. Helped

• Kemampuan yang diuji : Menentukan makna kata 
• Indikator : Disajikan satu kalimat yang dicuplik dari teks LABEL yang disediakan, siswa dapat menentukan makna kata tertentu dalam label tersebut 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24