RECOUNT TEXT

 ASSALAMUALAIKUM WR WB........

ANAK ANAK KU YANG SHOLEH DAN SHOLEHAH MAM HARAP KALIAN SEMUA SELALU DALAM KEADAAN SEHAT WAL'AFIAT DAN SELALU            SEMANGAT, BELAJAR WALAU SITUASI MASIH BELAJAR MELALUI DARING 

DAN JANGAN LUPA  SEBELUM BELAJAR KITA BERDOA DULU YA ,.AGAR KITA SELALU MENDAPATKAN SAFAATNYA DAN BIMBINGANNYA....AAMIIN

Good morning Sholeh and sholeha, how are you today I hope you are great and Allah SWT always protect and give His mercy to us, Aamiin YRA.

Oke before continuing our lesson today don't forget to pray Dhuha, Murojaah Al Qur'an and always do our 5 times Of Pardu

DENTITAS :

Hari/Tanggal  Rabu, 22  Maret  2022

Mapel : Bahasa Inggris

Kelas : 8D,8E,8F

Materi : RECOUNT TEXT

KD : 3.11 dan 4.11

MATERI KELAS 8 KD 3.11 DAN 4.11 RECOUNT TEXT


KD.3.11

Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.11 Teks recount

4.11.1

Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)

4.11.2 

Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:  

·  Mengidentifikasi fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount

·  Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

·  Mengidentifikasi ketepatan menggunakan struktur teks recount

·  Menyebutkan struktur teks recount

·  Memahami unsur kebahsaan kalimat deklaratif    dan interogatif dalam Simple Past tense

· Memahami unsur kebahasaan adverbia dan          frasa preposisional penujuk dan penghubung        waktu

· Menulis secara kontekstual terkait fungsi sosial    struktur teks, dan unsur kebahasaan teks                recount lisan dan tulis, sangat pendek dan              sederhana

·  Membuat teks recont yang berisikan unsur             kebahasaan preposisional penujuk dan                   penghubung waktu dengan memerhatikan             fungsi social dan struktur teks

·  Mengidentifikasi teks recount yang telah dibuat

·  Membuat teks recount lisan dan tulis, sangat         pendek dan sederhana, terkait pengalaman           pribadi di waktu lampau (personal recount),          dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur      teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan      sesuai konteks


APERSEPSI :

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman 

peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya.,

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


MATERI :

PENGERTIAN RECOUNT TEXT

Recount Text adalah sebuah teks bacaan yang berisi tentang cerita atau runtutan sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau. Dengan kata lain, recount text juga bisa dikatakan bahwa teks ini adalah sejenis teks cerita, namun recount text diambil dari pengalaman yang terjadi pada masa lampau dan sebelumnya sudah pernah dialami.

Recount Text bisa juga diartikan sebuah kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau melalui cerita sebuah text.


KARAKTERISTIK ATAU CIRI – CIRI RECOUNT TEXT

Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh Recount Text, yaitu sebagai berikut:

Mempunyai judul yang bisa merangkum teks.

Karena menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, maka recount text selalu menggunakan past tense. Seperti: Last month, I spent my holiday in Bali island with my friends.

Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk menjelaskan waktu, tempat dan cara. Seperti: last month, in Malang, lately, dll

Menggunakan action verbs. Seperti: visited, ate, spent, went, brought, took, dll.

Karena sifatnya bercerita secara berurutan, maka sering mamakai kata sambung yang menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu, sepertias next, later, when, then, after, before, first, after that.

Karena sifatnya menceritakan atau menggambarkan sebuah peristiwa, maka banyak menggunakan verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara lebih detail bagaimana verb (kata kerja) dilakukan.


JENIS – JENIS RECOUNT TEXT

Recount Text secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada tujuan dibentuknya sebuah recount text. Tujuan recount text secara umum yaitu untuk menyampaikan informasi atau memberikan informasi atau menceritakan tentang sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Ada 3 jenis recount text yang memiliki tujuan berbeda, yaitu sebagai berikut;

  1. Personal Recount Text

Personal Recount Text merupakan sebuah recount text yang memiliki tujuan untuk menceritakan kembali pengalaman penulis secara pribadi atau memberikan informasi mengenai pengalaman si penulis di masa lampau.

Factual Recount Text

Factual recount text sendiri memiliki tujuan untuk menjelaskan atau menceritakan sebuah kejadian yang terjadi secara faktual atau nyata. Contoh factual recount text yaitu seperti kejadian ilmiah dalam ilmu pengetahuan.

Imaginative Recount Text

Imaginative Recount Text merupakan jenis recount text yang mempunyai tujuan imajinatif, dengan kata lain, si penulis menceritakan peristiwa atau pengalamannya di masa lalu secara imajinasi.


LANGUAGE FEATURE PADA RECOUNT TEXT

Berikut ini merupakan Language Feature of Recount text:

  1. Memperkenalkan personal participant seperti I, my group, etc
  2. Menggunakan chronological connection seperti then, first, etc
  3. Menggunakan linking verb seperti was, were, saw, heard, etc
  4. Menggunakan action verb seperti look, go, change, etc
  5. Menggunakan simple past tense


SOCIAL FUNCTION

Untuk menceritakan kembali sebuah event atau kejadian dengan tujuan untuk memberi informasi atau sekedar menghibur para pembaca.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin membuat sebuah recount text:

Fokus pada seorang individu, dan gunakanlah subject “I” atau “we”

Gunakan kata yang menjelaskan waktu kapan, seperti “after lunch”, dan kata yang menjelaskan dimana peristiwa tersebut terjadi, misalnya “in the garden”.

Tulislah menggunakan kata lampau atau past tense seperti menggunakan kata had, visited

Gunakan action words seperti helped, crutched.


STRUKTUR UMUM RECOUNT TEXT

Selanjutnya mari kita pahami seperti apa struktur atau kerangka atau model penyusunan suatu Recount Text atau teks recount. Secara teori, umumnya recount text memiliki struktur sebagai berikut:

ORIENTATION atau pengenalan. Apa itu pengenalan teks? Pada paragraf awal stiap tulisan sederhana biasanya berisi informasi umum yang merujuk pada isi keseluruhan teks. informasi ini biasanya meliputi siapa, dimana, dan kapan

EVENT atau peristiwa: Apa saja yang tejadi tehadap pelaku dalam teks tesebut.

REORIENTATION atau pengenalan kembali. Ini berisi infomasi secara keseluruhan yang ditulis dengan cara yang ringkas dan padat.

Recount text atau teks recount sering kita temui di dlam tulisan berupa biografi, diary, pengalaman liburan, pengalaman kerja, autobiografi, dan lain sebagainya.


CONTOH RECOUNT TEXT PENDEK

A Trip to the Zoo

Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.

After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.

Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.

When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.


Terjemahannya :

Perjalanan ke Kebun Binatang

Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya. Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan.

Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari.

Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan. Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas.

Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.


My Bad Day on Sunday

I had a terrible day yesterday.

First, I woke up an hour late because my alarm clock didn’t go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I got dressed so quickly that I forgot to wear socks.

Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn’t have enough money.

Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday!

I hope I never have a day as the one I had yesterday.


VIDEO PEMBELAJARAN :


LET'S WATCH THE VIDEOS :





EXERCISE / SOAL LATIHAN :

Exercise untuk 

Tell us about your luck or bad ecperience. Write it on your book!


PETUNJUK PEMBELAJARAN :

Silahkan pahami materi diatas, Setelah kalian membaca materi dan menonton video diatas kalian diharapkan dapat membuat text recount pada pertemuan selanjutnya.




Komentar

  1. Assalamualaikum
    Nama:m.el ramzi ramadan
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum Wr . Wb

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum mam
    Name Bilal Pratama
    Class8f
    Ket hadir
    Thank you mam for the material 🙏🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Nabila Sapitri
    Kelas: 8F
    Absen: 18
    Ket: hadir
    -terimakasih atas materinya hari ini.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Kayla Assyfa Listhon
    Kelas:8F
    Ket:Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Nama: Syntia Wulandari
    Kelas:8D
    Hadir
    Terimakasih,
    Waalaikumsalam

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    Nama : Sabina laiqa derina
    Kls : 8F
    Ket : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Shireen Fehima 8F
    Hadir

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum
    Bagus abdurasyid 8f hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Alif Fairuz Ramadhan
    VIII D
    Hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  10. assalamualaikum
    nama:putri aulia
    kelas:8d
    hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  11. assalamualaikum
    nama: Olivia Almufenza
    kelas: 8D
    ket: hadir
    terimakasih 🙏

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Fachri Ramadhan
    VIII D
    Hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama : Arga aditya
    Kelas : 8F
    Ket : hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Nama : Fadli Al Farizi
    Kelas : 8D |Absen : 9
    Ket : Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 8 F.
    Hari/Tanggal: Selasa, 08 Maret 2022.
    Keterangan: Hadir.
    Terimakasih mam atas materinya🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama: Wafa Aziza
    Kls: 8F
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum
    Nama:Naira Rifaya Isal
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Yusuf Isa
    Kelas : 8F
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama: Getar Geleghar Riyanto
    Kelas: 8D
    Ket: Hadir
    Terimakasih atas materinya
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Nama saya Khalisa Putri Mukhbita.
    Dari kelas 8F || Kehadiran : 12.
    Keterangan: Hadir.
    Hari/Tanggal : Selasa, 08 Maret 2022.
    Terima kasih mam untuk materinya 🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Glessya Gendis Aurell 8F
    hadir

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum mam
    Nama: nurhikmah Sahputri Harahap
    Kls:8e
    Ket:Hadir
    Terima kasih atas materinyaa mam 🙏🏼☺️
    W assalamu'alaikum wrwb

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama Bilqis Zahra sagita
    Kelas 8e
    Keterangan hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum
    Nama : Muhammad rasya daviera
    Kls : 8E
    Ket : Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum
    Nama Dennis keandra Hermawan
    Kelas 8E
    Ket hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr.wb Mam
    Nama :Keisha Fardema
    kelas :8E
    ket :Hadir
    Terima kasih Mam untuk materi ny hari ini☺️🙏
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum
    Nama:Muhammad Rafi Daviera
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum
    Nama saya faishal wibowo
    Kelas 8E
    Keterangan hadir
    Terima kasih
    wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    nama:putri aulia
    kelas:8d
    hadir
    terimakasih,wassalamualaikum

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: nurhikmah Sahputri Harahap
    Kelas: 8e
    Absen: 23
    Ket: hadir
    -terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24