RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 3.3 Kelas VIII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Al-azhar 3
Mata Pelajaran/Tema/Subtema : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Obligation, Prohibition and Suggestion
Alokasi Waktu : 2 pertemuan
1. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
1 .Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)
3.3.1 Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must dan have to untuk mengungkapkan dan menanyakan keharusan melakukan sesuatu.
3.3.2 Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must not mengungkapkan larangan melakukan sesuatu.
3.3.3 Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary should untuk megungkapkan dan menanyakan keharusan melakukan sesuatu.
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3.1 Siswa dapat menuliskan kalimat terkait keharusan dan larangan melakukan sesuatu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.2 Siswa menyusun dialog sederhana terkait keharusan, larangan, dan himbauan melakukan sesuatu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.3 Siswa membuat poster sederhana tentang keharusan, larangan, dan himbauan.
1.Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
•Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must/have to untuk mengungkapkan dan menanyakan keharusan melakukan sesuatu.
•Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapkan larangan melakukan sesuatu.
•Siswa dapat menuliskan kalimat terkait keharusan dan larangan melakukan sesuatu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Pertemuan 2:
•.Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary should untuk megungkapkan dan menanyakan himbauan melakukan sesuatu.
• Siswa menyusun dialog sederhana terkait keharusan, larangan, dan himbauan melakukan sesuatu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
• Siswa membuat poster sederhana tentang keharusan, larangan, dan himbauan.
1.Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Obligations and Prohibitions
When we want o express permisison, responsabilities, obligation or prohibition we use modal verbs.
Have to and must are used to express obligation. Don’t have to is used to express that something is not required and mustn’t is used to express prohibition.
Must
Must and mustn’t are the same for all persons. We use must when we think it is important to do an action or we give people orders.
• You must be home by eleven
• She must tidy up her room every day
•We use must when the obligation comes from the speaker.
• I must go to the doctor, I don’t feel well.
• I must have my homework ready tonight.
• I must stop smoking.
Have to
We use have to when the obligation comes from someone else, not the speaker; for an action that is necessary because of rules.
• We have to be at the airport three hours before the flight leaves.
• At work I have to wear a uniform.
• My father has to pay the rent every month
Mustn’t
Mustn’t is used to say that something is against the rules or against the law.
• You mustn’t smoke at school.
• You mustn’t use your telephone on a plane
Don’t have to
Don’t have to is used to show that there is no obligation.
• In this restaurant you don’t have to wear a tie.
• My brother doesn’t have to wear uniform at his school.
• We don’t have to get up early on wekeneds.
Pertemuan 2
Suggestion
To express a suggestion, should or shouldn’t is used. Express suggestion in the present as follows:
1.You should call the police.
2.You should firstly, check to see if anyone is injured, secondly call an ambulance if necessary.
3 .She should take an aspirin.
4..He should go to the dentist as soon as
5..He should drink a glass of
Dialogue 1
In the morning, Arya want to buy a motor cycle. then arya approach pande to listen a suggestion from her
arya : Hai pande,
Pande : Hai Arya,
Arya : pande, i want to buy motorcycle tomorrow. Should i buy ninja motor or supra motor?
Pande : i think, you should buy a ninja motor.
Arya : Why is that?
Pande : Because i want to borrow it, he he ….
Arya : it’s good idea, but my money not enough. Do you have any recommendation?
Pande : Why don’t you buy a bicycle?
Arya : Wow, it’s very good idea
Pande : Yeah,
Arya : Can you accompany me to buy it?
Pande : Yes i can, Lets go
Dialogue 2
Lost Money
One Day Jesicca lost her money in her bag,she look so sad and Barbara come.
Barbara : Jessicaa why do you look so sad ?
Jesicca : I have some problems Barbara .
Barbara : What’s Happened to you Jes ?
Jessica : I’m very confused ! Because my money was lost .
Barbara : What ? Are you serious ? And when ?
Jesicca : Yesterday .I’m afraid to talk to my mom about it.
Barbara : Jesicca , if you have some problem you should talk your family.
Jesicca : Yea, but with who ? My father not in my house.
Barbara : In my opinion you should talk to your mother about your problem. Your mother will understand with you.
Jesicca : Do you think so ?
Barbara : Oh yea,dont be afraid Jesicca , All is well.
Jesicca : Hemzz ,, ok ,I will talk to my mom.Thanks for Your suggestion Barbara.
Barbara : You’re welcome Jesicca dont sad again ok ,,
Metode Pembelajaran
• Scientific Approach
Media Pembelajaran
Media :
• Video
• Naskah dialog
Alat dan Bahan :
• Laptop dan LCD
• Speaker
• Alat tulis
• Kamus
Sumber Belajar
• Buku teks Bahasa Inggris “When English Rings a Bell” kelas VIII.
• Cambridge Advance Learner’s Ductionary 3.
• Audio-Video from youtube (youtube.com).
• https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/modal-verbs-1-permission-prohibition- obligation- no-obligation
1.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama = 2×40 menit
Kegiatan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Waktu
Pendahuluan • Siswa menjawab salam dan berdoa.
• Siswa mendapatkan motivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.
• Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan pembelajaran. 5 menit
Inti •Observing
• Siswa mengamati video yang berkaitan dengan penggunaan must atau have to untuk mengungkapan dan meminta informasi terkait keharusan melakukan sesuatu.
• Siswa mengamati video yang berkaitan dengan penggunaan must not untuk mengungkapan dan meminta informasi terkait larangan melakukan sesuatu.
•Questioning
• Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk mengungkapkan dan meminta informasi b terkait keharusan melakukan sesuatu dan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapan dan meminta informasi terkait larangan melakukan sesuatu
•Experimenting
• Siswa menemukan ungkapan yang berkaitan dengan tindakan meminta informasi dan mengungkapkan keharusan dan larangan melakukan sesuatu.
• Siswa membedakan penggunaan must and have to dalam kalimat sederhana
• Associating
• Siswa memberi contoh ungkapan tentang penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk mengungkapkan dan menanyakan terkait keharusan melakukan sesuatu yang pernah ditemukan di kehidupan sehari-hari.
• Communicating
•Siswa menuliskan beberapa kalimat tentang penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk mengunngkapkan dan menanyakan keharusan melakukan sesuatu serta meminta informasi terkait keharusan melakukan sesuatu dan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapan dan meminta informasi terkait larangan melakukan sesuatu.
• Siswa membacakan kalimat yang telah dibuat di depan teman-teman satu kelas. 70 menit
Penutup
• Siswa dengan bantuan guru, membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
• Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
• Siswa mendapatkan umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
• Siswa mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 5 menit
Pertemuan Kedua = 2×40 menit
Kegiatan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu Pendahuluan
• Siswa menjawab salam dan berdoa.
• Siswa mendapatkan motivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.
• Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan pembelajaran. 5 menit
Inti •Observing
• Siswa mengamati video percakapan yang berkaitan dengan penggunaan should untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.
• Questioning
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang berkaitan dengan penggunaan should untuk mengungkapkan himbaun melakukan sesuatu.
• Experimenting
• Siswa menemukan ungkapan yang berkaitan dengan penggunaan should untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.
• Siswa mengetahui fungsi sosial, unsur kebahasaan, dan struktur teks dari dialog yang berkaitan dengan penggunnaan should untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.
• Siswa berlatih membuat kalimat menggunakan should berdasarkan gambar tertentu untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.
• Associating
• Siswa memberikan contoh ungkapan-ungkapan tentang penggunaan should untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu yang pernah ditemukan di kehidupan sehari-hari.
• Communicating
• Siswa menampilkan dialog secara berpasangan di depan teman-teman satu kelas.
70 menit
Penutup
•Siswa dengan bantuan guru, membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini.
•Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
• Siswa mendapatkan umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.
• Siswa mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 5 menit
Instrumen Penilaian
Penilaian Pengetahuan
Teknik : Lisan
Bentuk : Isian Singkat
Instrumen : Choose the correct modal ver to fill in the spaces in blank. (must, have to, don’t have to mustn’t)
- • You _____ come to the meeting, but it will be nice if you are there.
- • (mustn’t- don’t have to)
- • You ______ start saving money if you want to retire in few years.
- • (must- have to)
- • We _________ to visit the doctor every year because the Social Security requires it. (must- have to)
- • I ______ call my dad every day. (must- have to)
- • My brother _______ wear a tie in his work, I do. (mustn’t – doesn’t have to)
- • You _____ eat healthier and stop smoking, you will feel better. (must have to)
- • I _____ study tonight, my exam is tomorrow. (must- have to)
- • People ______ drink and drive cars. It is prohibited (mustn’t – don’t have to)
- • John can’t come because he ____ work tomorrow. (must- has to)
- • We _______ speak when the teacher is speaking. (mustn’t- don’t have to)
- • I can hear you. You _______ shout. (mustn’t – don’t have to)
- • She has a big problem. We ______ help her. (must- have to)
- • You ______ sign a document without reading it first. (mustn’t – don’have to)
Pedoman penskoran :
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal =10
3. Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =
Kunci Jawaban :
Ada di key word
Penilaian Ketrampilan
Teknik : Tulis
Bentuk : Dialog
Instrumen :
• Works in pair.
• Make a simple dialog
1.Grammar 1. 100 % tata bahasa tepat.
2. 80 % tata bahasa tepat.
3. 60 % tata bahasa tepat.
4. 40 % tata bahasa tepat.
5. 20 % tata bahasa tepat.5
4
3
2
1
2. Penulisan vocab
1. 100 % penulisan kata tepat.
2. 80 % penulisan kata tepat.
3. 60 % penulisan kata tepat.
4. 40 % penulisan kata tepat.
5. 20 % penulisan kata tepat. 5
4
3
2
1
3. Tanda baca dan kapitalisasi 1. 100 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.
2. 80 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.
3. 60 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.
4. 40 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.
5. 20 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.5
4
3
2
1
Pedoman Penskoran :
1. Jumlah skor maksimal 3×5 = 15
2. Nilai maksimal = 15
Nilai Siswa =
Kunci Jawaban
contoh
Vina : Good morning Ayu, how are you?
Ayu : I’m fine, and you?
Vina : I’m fine too. By the way, how about your preparation of the presentation tomorrow?
Ayu : It is almost done. I will bring laptop tomorrow, so you don’t have to bring your laptop, Vin.
Vina : Okay thank you, Ayu.
Ayu : You are welcome.
Komentar
Posting Komentar