RPP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 3.3 Kelas VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                                 :   SMP Al-azhar 3

Mata Pelajaran/Tema/Subtema            :    Bahasa Inggris

Kelas/Semester                                     :    VIII/1

Materi Pokok                                        :    Obligation, Prohibition and Suggestion

Alokasi Waktu                                      :    2 pertemuan

 

1. Kompetensi Inti

KI 1  :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),                          santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam                        dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3  :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya                tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4  :    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,                memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,                                    menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang                  sama dalam sudut pandang/teori.

 

1 .Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan       tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan             himbauan, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan must, should)

   3.3.1  Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must dan have to untuk mengungkapkan dan                         menanyakan keharusan melakukan sesuatu.

   3.3.2  Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must not mengungkapkan larangan melakukan                     sesuatu.

   3.3.3  Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary should untuk megungkapkan dan menanyakan                     keharusan melakukan sesuatu.

4.3   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang                          melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keharusan, larangan, dan himbauan,            dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai              konteks

   4.3.1  Siswa dapat menuliskan kalimat terkait keharusan dan larangan melakukan sesuatu dengan                     memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai                         konteks.

   4.3.2  Siswa menyusun dialog sederhana terkait keharusan, larangan, dan himbauan  melakukan                       sesuatu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar                dan sesuai konteks.

   4.3.3  Siswa membuat poster sederhana tentang keharusan, larangan, dan himbauan.


1.Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1:

       •Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must/have to untuk mengungkapkan dan menanyakan           keharusan melakukan sesuatu.

       •Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapkan larangan melakukan          sesuatu.

       •Siswa dapat menuliskan kalimat terkait keharusan dan larangan melakukan sesuatu dengan                    memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

 

Pertemuan 2:

       •.Siswa dapat menggunakan Modal Auxiliary should untuk megungkapkan dan menanyakan                      himbauan melakukan sesuatu.

      • Siswa menyusun dialog sederhana terkait keharusan, larangan, dan himbauan melakukan sesuatu            dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai              konteks.

      • Siswa membuat poster sederhana tentang keharusan, larangan, dan himbauan.

 

1.Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Obligations  and Prohibitions

When we want o express permisison,  responsabilities,  obligation or prohibition  we use modal verbs.

Have to and must are used to express obligation. Don’t have to is used to express that something is not required  and mustn’t is  used to express prohibition.

Must

Must and mustn’t are the same for all persons. We use must  when we think it is important to  do an action or we give people orders.

      • You must be home by eleven

      • She must tidy up her room every day

      •We use must when the obligation comes from the speaker.

      • I must go to the doctor, I don’t feel well.

      • I must have my homework ready tonight.

      • I must stop smoking.

Have to

We use have to when the obligation comes from someone else, not the speaker; for an action that is necessary because of rules.

      • We have to be at the airport three hours before the flight leaves.

      • At work I have to wear a uniform.

      • My father has to pay the rent every month

Mustn’t

Mustn’t is used to say that something is against the rules or against the law.

      • You mustn’t smoke at school.

      • You mustn’t use your telephone on a plane

Don’t have to

Don’t have to is used to show that there is no obligation.

      • In this restaurant you don’t have to wear a tie.

      • My brother doesn’t have to wear uniform at his school.

      • We don’t have to get up early on wekeneds.

 

Pertemuan 2

Suggestion

To express a suggestion, should or shouldn’t is used. Express suggestion in the present as follows:

      1.You should call the police.

      2.You should firstly, check to see if anyone is injured, secondly call  an ambulance if necessary.

      3 .She should take an aspirin.

      4..He should go to the dentist  as soon as

      5..He should drink a glass of

Dialogue 1

In the morning, Arya want to buy a motor cycle. then arya approach pande to listen a suggestion from her

arya : Hai pande,

Pande : Hai Arya,

Arya : pande, i want to buy motorcycle tomorrow. Should i buy ninja motor or supra motor?

Pande : i think, you should buy a ninja motor.

Arya : Why is that?

Pande : Because i want to borrow it, he he ….

Arya : it’s good idea, but my money not enough. Do you have any recommendation?

Pande : Why don’t you buy a bicycle?

Arya : Wow, it’s very good idea

Pande : Yeah,

Arya : Can you accompany me to buy it?

Pande : Yes i can, Lets go

 

Dialogue 2

Lost Money

One Day Jesicca lost her money in her bag,she look so sad and Barbara come.

Barbara : Jessicaa why do you look so sad ?

Jesicca : I have some problems Barbara .

Barbara : What’s Happened to you Jes ?

Jessica : I’m very confused ! Because my money was lost .

Barbara : What ? Are you serious ? And when ?

Jesicca : Yesterday .I’m afraid to talk to my mom about it.

Barbara : Jesicca , if you have some problem you should talk your family.

Jesicca : Yea, but with who ? My father not in my house.

Barbara : In my opinion you should talk to your mother about your problem. Your mother will understand with you.

Jesicca : Do you think so ?

Barbara : Oh yea,dont be afraid Jesicca , All is well.

Jesicca : Hemzz ,, ok ,I will talk to my mom.Thanks for Your suggestion Barbara.

Barbara : You’re welcome Jesicca dont sad again ok ,,


Metode Pembelajaran

      • Scientific Approach

 Media Pembelajaran

Media :

      • Video

      • Naskah dialog

Alat dan Bahan :

      • Laptop dan LCD

      • Speaker

      • Alat tulis

      • Kamus

Sumber Belajar

      • Buku teks Bahasa Inggris “When English Rings a Bell” kelas VIII.

      • Cambridge Advance Learner’s Ductionary 3.

      • Audio-Video from youtube (youtube.com).

      • https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/modal-verbs-1-permission-prohibition-                         obligation- no-obligation

1.Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama = 2×40 menit

Kegiatan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Waktu

Pendahuluan Siswa menjawab salam dan berdoa.

      • Siswa mendapatkan motivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.

      • Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan pembelajaran. 5 menit

Inti •Observing

      • Siswa mengamati video yang berkaitan dengan penggunaan must atau have to untuk                                mengungkapan dan meminta informasi terkait  keharusan melakukan sesuatu.

      • Siswa mengamati video yang berkaitan dengan penggunaan must not untuk mengungkapan dan              meminta informasi terkait  larangan melakukan sesuatu.

      •Questioning

      • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan                          penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk mengungkapkan dan meminta informasi  b            terkait keharusan melakukan sesuatu dan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapan dan                meminta informasi terkait  larangan melakukan sesuatu

      •Experimenting

      • Siswa menemukan ungkapan yang berkaitan dengan tindakan meminta informasi dan                              mengungkapkan keharusan dan larangan melakukan sesuatu.

      • Siswa membedakan penggunaan must and have to dalam kalimat sederhana

        Associating

      • Siswa memberi contoh ungkapan tentang penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk              mengungkapkan dan menanyakan terkait keharusan melakukan sesuatu yang pernah ditemukan di          kehidupan sehari-hari.

     • Communicating

       •Siswa menuliskan beberapa kalimat tentang penggunaan Modal Auxiliary must atau have to untuk          mengunngkapkan dan menanyakan keharusan melakukan sesuatu serta meminta informasi terkait         keharusan melakukan sesuatu dan Modal Auxiliary must not untuk mengungkapan dan meminta             informasi terkait  larangan melakukan sesuatu.

      • Siswa membacakan kalimat yang telah dibuat di depan teman-teman satu kelas. 70 menit

Penutup

      • Siswa dengan bantuan guru, membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan pembelajaran hari            ini.

      • Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

      • Siswa mendapatkan umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.

      • Siswa mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 5 menit

 

Pertemuan Kedua = 2×40 menit

Kegiatan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Waktu Pendahuluan

      • Siswa menjawab salam dan berdoa.

      • Siswa mendapatkan motivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini.

      • Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan pembelajaran. 5 menit

Inti •Observing

      • Siswa mengamati video percakapan yang berkaitan dengan penggunaan should untuk                              mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.

      • Questioning

      • Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang berkaitan dengan                 penggunaan should untuk mengungkapkan himbaun melakukan sesuatu.

      • Experimenting

      • Siswa menemukan ungkapan yang berkaitan dengan penggunaan should untuk mengungkapkan              himbauan melakukan sesuatu.

      • Siswa mengetahui fungsi sosial, unsur kebahasaan, dan struktur teks dari dialog yang berkaitan              dengan penggunnaan should untuk mengungkapkan himbauan melakukan sesuatu.

      • Siswa berlatih membuat kalimat menggunakan should berdasarkan gambar tertentu untuk                        mengungkapkan himbauan  melakukan sesuatu.

      • Associating

      • Siswa memberikan contoh ungkapan-ungkapan tentang penggunaan should untuk                                    mengungkapkan  himbauan melakukan sesuatu yang pernah ditemukan di kehidupan sehari-hari.

      • Communicating

      • Siswa menampilkan dialog secara berpasangan di depan teman-teman satu kelas.

  70 menit

Penutup

       •Siswa dengan bantuan guru, membuat rangkuman atau simpulan dari kegiatan pembelajaran                    hari ini.

      •Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

      • Siswa mendapatkan umpan balik dari proses dan hasil pembelajaran.

      • Siswa mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 5 menit

Instrumen Penilaian 

Penilaian Pengetahuan

Teknik                         : Lisan

Bentuk                        : Isian Singkat

Instrumen                   :  Choose  the correct modal ver to fill in the  spaces in blank. (must, have to,                                              don’t have to  mustn’t)


  1. You _____ come to the meeting, but it will be nice if you are there.
  2. (mustn’t- don’t have to)
  3. You ______ start saving money if you want to retire in few years.
  4. (must- have to)
  5. We _________ to visit the doctor every year because the Social Security requires           it. (must-             have to)
  6. I ______ call my dad every day. (must- have to)
  7. My brother _______ wear a tie in his work, I do. (mustn’t – doesn’t have to)
  8. You _____ eat healthier and stop smoking, you will feel better. (must have to)
  9. I _____ study tonight, my exam is tomorrow. (must- have to)
  10. People ______ drink and drive cars. It is prohibited (mustn’t – don’t have to)
  11. John can’t come because he ____ work tomorrow. (must- has to)
  12. We _______ speak when the teacher is speaking. (mustn’t- don’t have to)
  13. I can hear you. You _______ shout. (mustn’t – don’t have to)
  14. She has a big problem. We ______ help her. (must- have to)
  15. You ______ sign a document without reading it first. (mustn’t – don’have to) 

Pedoman penskoran    :

1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1

2. Jumlah skor maksimal =10

3. Nilai maksimal = 10

        Nilai Siswa =

Kunci Jawaban            :

Ada di key word

Penilaian Ketrampilan

Teknik                         : Tulis

Bentuk                        : Dialog

Instrumen                    :

      • Works in pair.

      • Make a simple dialog

1.Grammar 1.      100 % tata bahasa tepat.

2. 80 %   tata bahasa tepat.

3. 60 %   tata bahasa tepat.

4. 40 %   tata bahasa tepat.

5. 20 %   tata bahasa tepat.5

4

3

2

1

2. Penulisan vocab

1.  100 % penulisan kata tepat.

2.  80 %  penulisan kata tepat.

3.      60 %  penulisan kata tepat.

4.      40 %  penulisan kata tepat.

5.      20 %  penulisan kata tepat. 5

4

3

2

1

3. Tanda baca dan kapitalisasi 1.      100 % tanda baca dan kapitalisasi tepat.

2.      80 %  tanda baca dan kapitalisasi tepat.

3.      60 %  tanda baca dan kapitalisasi tepat.

4.      40 %  tanda baca dan kapitalisasi tepat.

5.      20 %   tanda baca dan kapitalisasi tepat.5

4

3

2

1

Pedoman Penskoran :

1. Jumlah skor maksimal 3×5 = 15

2. Nilai maksimal = 15

        Nilai Siswa =

Kunci Jawaban          

contoh

Vina : Good morning Ayu, how are you?

Ayu : I’m fine, and you?

Vina : I’m fine too. By the way, how about your preparation of the presentation tomorrow?

Ayu : It is almost done. I will bring laptop tomorrow, so you don’t have to  bring your laptop, Vin.

Vina : Okay thank you, Ayu.

Ayu : You are welcome.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24