PERTEMUAAN remedial , KD 3.7 DAN 3.8 SEMT GENAP 2023
MATA PELAJARAN , BAHASA INGGRIS
GURU MATA PENGAMPU : LELA UTAMA,S.PD,M.M
WAKTU PEMBELAJARAN :
SELASA, 07 FEBRUARY 2023
KELAS : SELASA (8A JAM KE 1, 2)
SELASA (8B JAM KE 6,7)
SELASA (8C JAM KE 9,10,)
REMEDIAL KD 5.7 DAN 3.8
KD 3.7 TEMTANG SIMPLE PRESENT TENSE
KD 3.8 TENTANG SIMPLE PRESENT CONTINOUSE TENSE
KD 3.7
MENERAPKAN FUNGSI SOSIAL, STRUKTUR TEKS,DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS INTERAKSI TRANSAKSIONAL LISAN DAN TULIS YG MELIBATKAN TINDAKAN MEMBERI DAN MEMINTA INFORMASI TERKAIT KEADAAN /TINDAKAN/KEGIATAN/KEJADIAN YANG YG DILAKUKAN /TERJADI SECARA RUTIN / MERUPAKAN KEBENARAN UMUM,SESUAI DGN KONTEKS PENGGUNAANYA. (PERHATIKAN UNSUR KEBAHASAAN SIMPLE PRESENT TENSE)
DAN 4.7
MENYUSUN TEKS INTERAKSI TRANSAKSIONAL LISAN DAN TULIS SANGAT PENDEK DAN SEDERHANA YG MELIBATKAN TINDAKAN MEMBERI DAN MEMINTA INFORMASI TERKAIT KEADAAN/KEGIATAN KEJADIAN YG DILAKUKAN/TERJADI SECARA RUTIN ATAU MERUPAKAN KEBENARAN UMUM,DENGAN MEMPERHATIKAN FUNGSI SOSIAL ,STRUKTUR TEKS DAN UNSUR KEBAHASAAN YG BENAR DAN SESUAI KONTEKS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
-SISWA DAPAT MENGINDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS MEMULAI DAN MENANGGAPI TEKS INSTRUKSI TRANSAKSIONAL MEMBERI DAN MEMINTA INFORMASI TERKAIT KEADAAN YG DILAKUKAN/TERJADI SECARA RUTIN/MERUPAKAN KEBENARAN UMUM
-SISWA DAPAT MENGIDENTIFIKASI UNSUR KEBASAAN DAN KETEPATAN MENGGUNAKAN KALIMAT DEKLARATIF DAN INTROGATIF DALAM SIMPLE PRESENT TENSE.
DAILY ACTIVITIES / ROUTINES
1. Use the present simple tense.
Note:
Example Daily Routine:
Lisa is a student at un
iversity. Here is her daily routine.
1. I always wake up at 7:00 in the morning.
2. I usually have breakfast at 7:30.
3. I catch the bus to university at 8:00.
4. I usually start studying at 8:30.
5. I always have lunch at noon.
6. I finish university at 4:15 in the afternoon.
7. I sometimes go to the cinema with my friends in the evening.
8. I usually have dinner with my family at about 7:00 in the evening.
9. I never go to bed before 11 o’clock.
10. I often go to bed at midnight.
KOMPETENSI DASAR ; 3.8 dan 4.8
3.8
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)
4.8
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
1-siswa dapat mengindentifikasi struktur teks memulai dan menanggapi teks instruksi transaksional memberi dan meminta informasi terkait Kalimat deklaratif dan itrogar
tif dalam present Continouse Tense
2.siswa dapat mengidentifikasi unsur kebasaan dan ketepatan menggunakan kalimat
present Continouse Tense .
kalimat present continuous tense ini bisa dibagi menjadi 3 yakni positive, negative, dan interrogative. Rumus sederhananya
MATERI PRESENT CONTINOUDE TENSE
RUMUS
S + to be (am/is/are) + V-ing
Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah penggunaan subjek serta kata kerja bantu to be.
I + am | You + are |
(+) S + to be (am/is/are) + V-ing
· Budi is cleaning the whiteboard
( (Budi sedang membersihkan papan tulis)
(-) Subject + to be (am/is/are) + not + V-ing
· He is not kicking the ball
· ( dia tidak sedang menendang bola)
·
(?) To be (am/is/are) + S + V-ing?
· Are you watching TV?
· (Apakah kamu sedang melihat TV?)
·
Yes I am (Ya, benar)
No, I am not ( tidak)
· Are they playing football in the school yard?
· (Apakah mereka sedang bermain sepak bola dihalaman sekolah?)
·
Yes they are (Ya, benar)
No, they are not ( tidak)
Ada beberapa penanda waktu (time signals)
yang biasanya digunakan dalam tense ini, diantaranya ialah...now, right now, at the moment,
dan lainnya. Untuk peletakannya, biasanya di awal kalimat atau diakhir kalimat:
· Now, they are listening to music
· ( Sekarang, mereka sedang mendengarkan lagu)
·
· Are you studying Math right now?
· ( apakah kamu sedang belajar matematika sekarang?)
· He is not buying a new car at the moment
· ( dia tidak sedang membeli mobil baru saat ini)
PENUGASAN
SI SISWA UNTUK DAPAT MEMBUAT LALIMAT PRESENT TENSE DAN PRESENT CONTINOUSE TENSE
Komentar
Posting Komentar