Materi : Recount Text ( Lanjutan materi pertm ke 1)
KD : 3.11 dan 4.11
3.11
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaanbeberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.11 Teks recount
4.11.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)
4.11.2
Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
·Mengidentifikasi fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount
·Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
·Mengidentifikasi ketepatan menggunakan struktur teks recount
·Menyebutkan struktur teks recount
·Memahami unsur kebahsaan kalimat deklaratif dan interogatif dalam Simple Past tense
·Memahami unsur kebahasaan adverbia dan frasa preposisional penujuk dan penghubung waktu
·Menulis secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana
·Membuat teks recont yang berisikan unsur kebahasaan preposisional penujuk dan penghubung waktu dengan memerhatikan fungsi social dan struktur teks
·Mengidentifikasi teks recount yang telah dibuat
·Membuat teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
APERSEPSI :
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya.,
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
MATERI :
PENGERTIAN RECOUNT TEXT
Recount Text adalah sebuah teks bacaan yang berisi tentang cerita atau runtutan sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lampau. Dengan kata lain, recount text juga bisa dikatakan bahwa teks ini adalah sejenis teks cerita, namun recount text diambil dari pengalaman yang terjadi pada masa lampau dan sebelumnya sudah pernah dialami.
Recount Text bisa juga diartikan sebuah kegiatan untuk “mengingat kembali” suatu kejadian yang sudah terjadi pada masa lampau melalui cerita sebuah text.
KARAKTERISTIK ATAU CIRI – CIRI RECOUNT TEXT
Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh Recount Text, yaitu sebagai berikut:
Mempunyai judul yang bisa merangkum teks.
Karena menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, maka recount text selalu menggunakan past tense. Seperti: Last month, I spent my holiday in Bali island with my friends.
Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk menjelaskan waktu, tempat dan cara. Seperti: last month, in Malang, lately, dll
Karena sifatnya bercerita secara berurutan, maka sering mamakai kata sambung yang menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu, sepertias next, later, when, then, after, before, first, after that.
Karena sifatnya menceritakan atau menggambarkan sebuah peristiwa, maka banyak menggunakan verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara lebih detail bagaimana verb (kata kerja) dilakukan.
JENIS – JENIS RECOUNT TEXT
Recount Text secara umum dibagi menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada tujuan dibentuknya sebuah recount text. Tujuan recount text secara umum yaitu untuk menyampaikan informasi atau memberikan informasi atau menceritakan tentang sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau.
Ada 3 jenis recount text yang memiliki tujuan berbeda, yaitu sebagai berikut;
Personal Recount Text
Personal Recount Text merupakan sebuah recount text yang memiliki tujuan untuk menceritakan kembali pengalaman penulis secara pribadi atau memberikan informasi mengenai pengalaman si penulis di masa lampau.
Factual Recount Text
Factual recount text sendiri memiliki tujuan untuk menjelaskan atau menceritakan sebuah kejadian yang terjadi secara faktual atau nyata. Contoh factual recount text yaitu seperti kejadian ilmiah dalam ilmu pengetahuan.
Imaginative Recount Text
Imaginative Recount Text merupakan jenis recount text yang mempunyai tujuan imajinatif, dengan kata lain, si penulis menceritakan peristiwa atau pengalamannya di masa lalu secara imajinasi.
LANGUAGE FEATURE PADA RECOUNT TEXT
Berikut ini merupakan Language Feature of Recount text:
Memperkenalkan personal participant seperti I, my group,etc
Menggunakan chronological connection seperti then, first,etc
Menggunakan linking verb seperti was, were, saw, heard,etc
Menggunakan action verb seperti look, go, change, etc
Menggunakan simple past tense
SOCIAL FUNCTION
Untuk menceritakan kembali sebuah event atau kejadian dengan tujuan untuk memberi informasi atau sekedar menghibur para pembaca.
Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita ingin membuat sebuah recount text:
Fokus pada seorang individu, dan gunakanlah subject “I” atau “we”
Gunakan kata yang menjelaskan waktu kapan, seperti “after lunch”, dan kata yang menjelaskan dimana peristiwa tersebut terjadi, misalnya “in the garden”.
Tulislah menggunakan kata lampau atau past tense seperti menggunakan kata had, visited
Gunakan action words seperti helped, crutched.
STRUKTUR UMUM RECOUNT TEXT
Selanjutnya mari kita pahami seperti apa struktur atau kerangka atau model penyusunan suatu Recount Text atau teks recount. Secara teori, umumnya recount text memiliki struktur sebagai berikut:
ORIENTATION atau pengenalan. Apa itu pengenalan teks? Pada paragraf awal stiap tulisan sederhana biasanya berisi informasi umum yang merujuk pada isi keseluruhan teks. informasi ini biasanya meliputi siapa, dimana, dan kapan
EVENT atau peristiwa: Apa saja yang tejadi tehadap pelaku dalam teks tesebut.
REORIENTATION atau pengenalan kembali. Ini berisi infomasi secara keseluruhan yang ditulis dengan cara yang ringkas dan padat.
Recount text atau teks recount sering kita temui di dlam tulisan berupa biografi, diary, pengalaman liburan, pengalaman kerja, autobiografi, dan lain sebagainya.
CONTOH RECOUNT TEXT PENDEK
A Trip to the Zoo
Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals.
After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.
Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.
When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.
Terjemahannya :
Perjalanan ke Kebun Binatang
Kemarin keluargaku pergi ke kebun binatang untuk melihat gajah dan hewan lainnya. Ketika sampai di kebun binatang, kami pergi ke toko untuk membeli makanan yang akan aku berikan langsung kepada hewan.
Setelah mendapatkan makanannya, kami pergi ke rumah nokturnal dimana kami dapat melihat burung dan reptil yang hanya keluar pada malam hari.
Sebelum makan siang, kami pergi untuk mengendarai gajah. Sungguh mengasyikkan dapat mengendarainya. Ayah hampir terjatuh saat melepaskan tali pegangan yang diberikan. Saat makan siang, kami memberi makan beberapa burung di taman. Sore harinya, kami melihat hewan-hewan itu diberi makan oleh petugas.
Ketika kami kembali ke rumah, kami lelah tapi bahagia karena kami bersenang-senang.
My Bad Day on Sunday
I had a terrible day yesterday.
First, I woke up an hour late because my alarm clock didn’t go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I got dressed so quickly that I forgot to wear socks.
Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn’t have enough money.
Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday!
I hope I never have a day as the one I had yesterday.
VIDEO PEMBELAJARAN :
LET'S WATCH THE VIDEOS :
https://youtu.be/kSucGIChAhU
EXERCISE / SOAL LATIHAN :
Open course book page 171 (buku BOS)
Look at the pictures and make the story of recount text based on the picture!
PETUNJUK PEMBELAJARAN :
Silahkan pahami materi diatas, Setelah kalian membaca materi dan menonton video diatas kalian diharapkan dapat membuat text recount pada pertemuan selanjutnya.
IDENTITAS MATA PELAJARAN : ENGLISH KELAS : 7A qqqqqqqqqq FASE : fASE D GURU PENGAMPU : LELA UTAMA,S.pd, M.M WAKTU ACTIVITY bvvv ff dddddddddddddddeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee 28 AGUSTUS 2024 MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA PERTEMUAN : KE-1 (PERTAMA) MATERI : DAILY ACTIVITY ...
.PENILAIAN HARIAN .HARI KAMIS ,25,04,24 .KELAS 8A,8B, .KD 3.11 DAN 4.11 .TUJUAN PEMBELAJARAN :EVALUASI SISWA DIHARAPKAN BISA MEMAHAMI DAN MENJAWAB MATERI MATERI YANG TELAH DIPELAJARI PADA KD 3.11 DAN 4.11 a Summer Holiday I just returned from the greatest summer vacation! It was so fantastic, I never wanted it to end. I spent eight days in Paris, France. My best friends, Henry and Steve, went with me. We had a beautiful hotel room in the Latin Quarter, and it wasn’t even expensive. We had a balcony with a wonderful view. We visited many famous tourist places. My favorite was the Louvre, a well-known museum. I was always interested in art, so that was a special treat for me. The museum is so huge, you could spend weeks there. Henry got tired walking around the museum and said “Enough! I need to take a break and rest.” We took lots of breaks and sat in cafes along the river Seine. The French food we ate was delicious. The wines were tasty, too. Steve’s favorite pa...
ANNOUNCEMENT 1 KELAS 8 pada tanggal April 29, 2024 MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS KELAS : VIII A, B MATERI : ANNOUNCEMENT PERTEMUAN KE : 1 DARI 4 PERTEMUAN GURU PENGAMPU : Lela utama, S.Pd.M.M WAKTU PEMBELAJARAN : 30 APRIL 2024 3.12 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.12 Teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice) 4.12.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah 4.12.1 2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah, dengan memperhat...
Komentar
Posting Komentar