DENTITAS :
Hari/Tanggal Selasa,23 Mei 2023
Mapel : Bahasa Inggris
Kelas : 8A ,8B,,8C,
Materi : NOTICE
KD : 3.12 dan 4.12
3.12
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.12 Teks pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice)
4.12.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah
4.12.12
Menyusun teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
- Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks khusus dalam bentuk pesan singkat terkait kegiatan dan kejadian
- Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan mengenai ungkapan yang lazim di ucapkan pada teks khusus dalam bentuk pesan singkat terkait peristiwa dan hal penting
- Menjelaskan teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice)
- Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan mengenai ungkapan yang lazim di ucapkan pada teks khusus dalam bentuk pengumuman terkait kegiatan dan kejadian
- Menyebutkan teks khusus dalam bentuk pesan singkat dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah
- Menyebutkan teks khusus dalam bentuk pengumuman/ pemberitahuan (notice) dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah
APERSEPSI :
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
- peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kegiatan sebelumnya.,
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
TONTON VIDIO DAN FAHAMI
Contoh Notice/ Caution/ Warning- Keep silent. (Harap Diam.)
- Be Carefull. (Hati-hati.)
- Please keep the window opened. (Biarkan jendela itu terbuka.)
- Staff only. (Khusus Pegawai.)
- Teacher room. (Ruang Guru.)
- Use the hand dryer. (Gunakan Pengering tangan.)
- Don’t feed the animal. (Jangan beri makanan binatang itu.)
- Please shut down the computer if you finished. (Dimohon matikan komputer jika sudah selesai.)
- Keep the room clean. (Jaga kebersihan ruangan.)
- Don’t be Noise. (Jangan gaduh.)
Latihan Soal Notice, Caution, Warning1. What should we do after reading the notice? A. Keep the toilet clean B. Help repair the toilet C. Use the toilet on purpose D. Use another toilet 2. Where can we read such a warning? A. At the beach B. In a swamp C. At the lakeside D. In a water park
3. What does the notice say? A. We must not use the product B. We cannot spray the product everywhere C. We can spray the product into our eyes D. We must not spray the product into our eyes
4. Where can we see this warning? A. On a box B. In a room C. On a table D. On a house roof
5. Who is the warning addressed to? A. The government B. The construction workers C. The construction company D. All road users
6. What is the caution about? A. Telling people to plug in the wire B. Forbidding people to touch the wire C. Explaining why the wire is dangerous D. Telling people how to connect the wire
7. What is the notice about? A. An order to keep clean B. An invitation to clean one’s hands C. An appeal to maintain hygiene D. An appeal to have a clean environment
8. What mustn’t we do according to the warning? A. Watch the film B. Record the film C. Enter the movies calmly D. Not to sit in the alley
9. “It may cause an electric shock.” The word “cause” means… A. Evoke B. Launch C. Protect D. Smoothen 10. Where would you read the notice? B. In a teacher’s office A. In a canteen C. In a classroom D. At a library |
Assalamualaikum
BalasHapusAulia Rahmadani
8b