KISI KISI PTS 2024.,PER KD DIBUAT KE SOAL KD. 3.7 , 3.8 , DAN 3.9

KISI KISI  PER KD  DIBUAT KE SOALKELAS 8  

1.CIRI CIRI, POLA DAN STRUKTUR KALIMAT SIMPLE PRESENT TENSE


KD 3.7

MENERAPKAN FUNGSI SOSIAL, STRUKTUR TEKS,DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS INTERAKSI TRANSAKSIONAL LISAN DAN   TULIS  YG MELIBATKAN TINDAKAN MEMBERI DAN MEMINTA INFORMASI TERKAIT KEADAAN /TINDAKAN/KEGIATAN/KEJADIAN YANG YG DILAKUKAN /TERJADI SECARA RUTIN / MERUPAKAN KEBENARAN UMUM,SESUAI DGN KONTEKS PENGGUNAANYA. (PERHATIKAN UNSUR KEBAHASAAN SIMPLE PRESENT TENSE)


 DAN 4.7

MENYUSUN TEKS INTERAKSI TRANSAKSIONAL LISAN DAN TULIS SANGAT PENDEK DAN SEDERHANA YG MELIBATKAN TINDAKAN MEMBERI DAN MEMINTA INFORMASI TERKAIT KEADAAN/KEGIATAN KEJADIAN YG DILAKUKAN/TERJADI SECARA RUTIN ATAU MERUPAKAN KEBENARAN UMUM,DENGAN MEMPERHATIKAN FUNGSI SOSIAL ,STRUKTUR TEKS DAN UNSUR KEBAHASAAN YG BENAR DAN SESUAI KONTEKS




DAILY ACTIVITIES /  ROUTINES


In this English lesson we’ll take a look at how we use the present simple tense when talking about daily routines.


Your routine is your normal everyday activities. The things that you usually do on a normal school or work day.


How to write about your simple daily routine:


1. Use the present simple tense.


Forming the present simple tense is simple – use the base form of the verb.


·         I play…


·         You work…


·         They swim…


Remember – if you are using the third person singular (he/she/it) you need to add s to the verb.


·         He plays…


·         She jumps…


·         It kicks…


Example sentences with the simple present tense:


·         I clean my teeth at 7:00.


·         I go to sleep at 11:00.




2. Use adverbs of frequency.


100 %  →→→→→→→→→→→→  0 %


always, usually, often, sometimes, occasionally, hardly ever, rarely, never 


I always clean my teeth before I go to school. 


I sometimes have hot chocolate in the evening


Note: 


Get up and wake up have different meanings.


TONTON VIDIO LATIHAN PEMBAHASAN SOAL PRESENT TENSE DIYUTUB






2.KOMPETENSI DASAR ; 3.8 dan 4.8

3.8

Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)


4.8

Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks




Bentuk kata kerja (verb) yang menunjukkan tindakan yang sedang berlangsung.


Ciri-ciri:


-Menggunakan kata kerja berakhiran -ing (verb-ing).


-Menggunakan to be berbentuk present yakni am, is atau are.


-Menggunakan keterangan waktu berupa today, tonight, now dsb.



Positive form (+)


Subject + to be + Verb-ing


Negative form (-)


Subject + to be + not + Verb-ing


Interrogative form (?)


To be + Subject + Verb-ing …?


Example:


-          Vina is sleeping tonight.


-          I am writing a letter now.


-          Doni and Dona are sitting beside me now.


-          We are washing a car today.


-          They are waiting at this room.




Bentuk positive, negative dan interrogative dari present continuous tense :


(+)       She is singing a song.


(-)        She is not singing a song.


(?)        Is she singing a song?




(+)       They are playing a card today.


(-)        They are not playing a card today.


(?)        Are they playing a card today?


TONTON VIDIO2  LATIHAN SOAL DAN PEMAHAMAN MATERI DI YUTUB


3.MATERI KELAS 8 KD.3.9 DAN 4.9 DEGREES OF COMPARISON


Materi :  COMPARATIVE ( UNSUR KEBAHASAAN DEGREE OF COMPARISON /,MEMBANDINGKAN ORANG )


KD : 3.9 dan 4.9

3.9

Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison).


4.9

Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 






Degree of Comparison digunakan ketika kita membandingkan sesuatu dengan yang lain dan hanya digunakan untuk adjective (kata sifat) dan adverb (keterangan untuk kata kerja). Perlu diingat bahwa noun (kata benda) dan verb (kata kerja) tidak mempunyai Degree of Comparison.

Contoh:

He is the smartest student in the class.

       Kata ‘smartest’ adalah adjective (kata sifat).

Among the members of the group, Ms. Sarah speaks most effectively.

      Kata ‘effectively’ adalah adverb (keterangan untuk kata kerja).


Jenis-jenis Degree of Comparison

Terdapat tiga jenis Degree of Comparison, yaitu:

1. Positive Degree

Degree ini digunakan ketika kita membicarakan mengenai suatu benda atau orang.

Contoh:

 am tall.

It is not useful.

Pada kalimat di atas, hanya ada satu orang yang dibicarakan yaitu ‘I’ dan ‘It’.

Contoh lain:

This flower is beautiful.

She is an intelegent girl.

This house is big.

2. Comparative Degree (lebih)

Degree ini digunakan ketika kita kita membandingkan dua benda atau orang. Kita bisa menggunakan ‘more’ atau tambahan ‘er’ pada akhiran adjective atau adverb.

Contoh:

I am taller than you.

This rose is more beautiful than those flowers.

Pada kalimat di atas, kita membandingkan ‘I’ dengan ‘you’ dan ‘This rose’ dengan ‘those flowers’. Kata ‘taller’ adalah versi komparatif dari ‘tall’, dan kata ‘more beautiful’ adalah versi komparatif dari ‘beautiful’.


Untuk menggunakan Comparative Degree, jangan lupa gunakan kata ‘than’ sebagai penghubung dengan apa yang kita bandingkan lainnya.

Contoh lain:

Your cake is more delicious than mine.

My hair is longer than hers.

I thought this test would be more difficult than the previous one.

3. Superlative Degree

Menunjukan ‘yang paling’. Superlative degree ini digunakan ketika terdapat lebih dari dua hal yang dibandingkan. Untuk bentuk dari superlative degree harus diawali dengan ‘the’ sebelum kata sifatnya

Contoh:

I am the happiest man on earth.

She is the most beautiful dog I’ve ever seen.

Pada kalimat tersebut, kata ‘happiest’ adalah versi superlative dari ‘happy’ untuk membandingkan dengan orang-orang lain dan ‘most beautiful’ adalah versi superlative dari ‘beautiful’ untuk membandingkan dengan semua anjing yang pernah ditemui.

Contoh lain:

He is the smartest student in this class.

He is the most honest person I’ve evek known.

This is not te biggest hotel in this area, I guess.

Bentuk Degree of Comparison

Jika kita perhatikan contoh-contoh kalimat di atas, akan terlihat beberapa bentuk Degree of Comparison. Untuk positive degree, bentuknya tetap adjective sederhana, seperti handsome, tall, bad, clever dan lain sebagainya. Sedangkan untuk comparative dan superlative degree bentuknya lebih variatif.

Berikut ini bentuk-bentuk Degree of Comparison:

Untuk kata yang bersuku kata satu atau dua, pada comparative degree tambahkan ‘er’ pada setiap akhiran kata sifatnya, sedangkan pada superlative tambakan ‘est’.

Positive Comparative Superlative

Cold Colder Coldest

Fast Faster Fastest

Clever Cleverer Cleverest


2. Untuk kata yang bersuku kata lebih dari dua, pada comparative degree tambahkan ‘more’ pada 

    sebelum kata sifatnya, sedangkan pada superlative tambahkan ‘most’.


Positive Comparative Superlative

Careful More Careful Most Careful

Difficult More Difficult Most Difficult

Famous More Famous Most Famous


3. Untuk kata yang berakhiran ‘e’ bersuku kata satu atau dua, pada comparative degree tambahkan‘r’ 

    pada setiap akhiran kata sifatnya, sedangkan pada superlative tambahkan ‘st’.


Positive Comparative Superlative

Large Larger Largest

Simple Simpler Simplest

Nice Nicer Nicest


4. Untuk kata yang berakhiran ‘y’ bersuku kata satu atau dua, pada comparative degree hapuskan 

  huruf akhir ‘y’ tambahkan ‘ier’ pada setiap akhiran kata sifatnya, sedangkan pada superlative 

  tambakan ‘iest’.


VIDEO PEMBELAJARAN :


VIDEO DEGREE OF COMPARISON




EXERCISE / SOAL  DI BUKU PAKET  HAL 157 DAN PR HAL 161


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24