MATERI MELANJUTKAN MATERI  KELAS 8 KD.3.12 DAN 4.12 

PH. SHORT MESSAGE

PILIHAN GANDA



DENTITAS :

Hari/Tanggal ,Kamis 16 mei  2024

Mapel : Bahasa Inggris

Kelas : 8A, 8B  

KD : 3.12 dan 4.12


3.12

Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya


4.12..1

Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice) lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah


4.12.2

Menyusun teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, terkait kegiatan sekolah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:  

Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya

Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks khusus dalam bentuk pesan singkat terkait kegiatan dan kejadian

 Mengidentifikasi ketepatan menggunakan unsur kebahasaan mengenai ungkapan yang lazim di ucapkan pada teks khusus dalam bentuk pesan singkat terkait peristiwa dan hal penting


Menjelaskan  teks khusus dalam bentuk pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice)


SHORT MESSAGE

Short message adalah pesan digital yang dikirim ke prangkat seluler, manual, atau digital dengan isi yang singkat. Pesan ini lebih mengutamakan inti dan kejelasan daripada panjangnya sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami.

Pesan singkat disebut juga SMS yang disampaikan dari satu orang ke orang lain.


Struktur Short Message (Generic structure)

1. Salam dan nama penerima: Ini berfungsi sebagai perkenalan dan harus digunakan untuk menciptakan suasana yang bersahabat.


2. Badan pesan: Ini adalah bagian utama dari pesan dan berisi pesan utama yang ingin disampaikan.


3. Penutup: Bagian ini menekankan poin utama dari pesan dan dapat menyertakan ajakan untuk bertindak.


4. Tanda Tangan atau pengirim pesan: Ini adalah ucapan penutup yang mencakup nama dan frasa pengantar seperti “Dear Ms. xxx” atau “Your Honour”.



Text for number 1-2.


Dear Denada,

Please don’t forget to pick up our son at 12 o’clock at his school. And also don’t forget to take his for lunch, he would love to have some spaghetti and ice cream.


With love, Fumary


1. Who is receive the short message?

A. Denada

B. Fumary

C. their son

D. tahie daughter


2. What must Denada do?

A. Picking up his son

B. Picking up Fumary

C. Waiting his son

D. Meeting Fumary



Text for number 3-4.


From : +62810000000000

Just to inform you that the meeting will be cancelled for tomorrow Mon, May 23 at 10 a.m as the principal will arrive from Singapore tonight.


Livian


3. From the text we know that?

A. the principal was away when the message was sent

B. the sender cannot attend the meeting

C. the principal will wait for the meeting the day

D. the sender was in Singapore when he sent the massage


4. The short message is written to?

A. Tell what had happened in the meeting

B. Inform the cancellation of a meeting

C. Say that the principal won’t come to the meeting

D. Inform that the sender has just arrived from Singapore



Tags:

Contoh soal short message

Soal short message

Contoh soal short message dan jawabannya

Short message


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24