MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES


IDENTITAS

MATA PELAJARAN       : ENGLISH

KELAS                             : 7A qqqqqqqqqq

FASE                                :  fASE D

GURU PENGAMPU        :  LELA UTAMA,S.pd, M.M

WAKTU ACTIVITY  bvvv ff dddddddddddddddeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee 28 AGUSTUS 2024 

MATA PELAJARAN       :  BAHASA INGGRIS

ELEMEN                          : MENYIMAK - BERBICARA

PERTEMUAN                  : KE-1 (PERTAMA)

MATERI                           : DAILY ACTIVITY                                                             

CAPAIAN PEMBELAJARAN : 

peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.


TUJUAN PEMBELAJARAN

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

1. memahami Penjelasan tentang Daily Activity                                                                                      2.Memhami Generic stucture yang digunakan dalam Daily Activity

3. Menulis Daily Activity tentang keseharian mereka


Assalamu'alaikum Wr.Wb.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْد

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.


Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,

Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about Describing People Appearance. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.

Baiklah sebelum masuk ke materi

Mari kita tonton dulu vidio dibawah ini

       TONTON VIDIO 1

  

TONTON VIDIO 2



TONTON VIDIO 3

                      

materi "Daily Activity" 

Materi: Daily Activities

1. Vocabulary (Kosa Kata)

- Wake up            : bangun tidur
- Brush teeth       : sikat gigi
- Take a shower  : mandi
- Get dressed        : berpakaian
- Have breakfast : sarapan
- Go to school       : pergi ke sekolah
- Study                   : belajar
- Have lunch         : makan siang
- Go home              : pulang
- Do homework    : mengerjakan        PR
- Have dinner       : makan malam
- Go to bed             : tidur

Examples
Enrich Your Vocabulary!

1. prepare my self = mempersiapkan diri.

2.do my bed = merapikan tempat tidur.

3.sweep the floor = menyapu lantai.

4.walk around my house = berjalan di sekitar rumahku.

4.do some physical movements = melakukan beberapa gerakan fisik.

5.have a shower = mandi


2. Expressions and Sentences

- I wake up at 6 a.m.  : Saya bangun tidur pukul 6 pagi.

- I brush my teeth after waking up : Saya sikat gigi setelah bangun.

- I take a shower at 6:15 a.m.: Saya mandi pada pukul 6:15 pagi.

- I get dressed for school.: Saya berpakaian untuk sekolah.

- I have breakfast with my family. : Saya sarapan dengan keluarga saya.

- I go to school by bicycle.: Saya pergi ke sekolah naik sepeda.

- I study English at school.: Saya belajar Bahasa Inggris di sekolah.

- I have lunch at the school canteen.: Saya makan siang di kantin sekolah.

- I go home at 3 p.m.: Saya pulang pada pukul 3 sore.

- I do my homework after school.: Saya mengerjakan PR setelah sekolah.

- I have dinner at 7 p.m.: Saya makan malam pada pukul 7 malam.

- I go to bed at 9 p.m.: Saya tidur pada pukul 9 malam.


3. Activities (Kegiatan)

- Listening Practice: Mendengarkan guru membaca kegiatan harian dan mengidentifikasi kosa kata yang sudah dipelajari.

- Speaking Practice: Berlatih mengucapkan kalimat tentang kegiatan harian mereka sendiri.

- Writing Practice: Menulis tentang kegiatan harian mereka dalam bentuk paragraf pendek.

- Group Discussion : Berdiskusi dalam kelompok tentang kegiatan harian dan saling bertukar informasi.
  
4. Grammar Focus (Fokus Tata Bahasa)

- Simple Present Tense: Menjelaskan penggunaan simple present tense dalam kalimat-kalimat yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.

  - Subject + Verb 1 (s/es) + Object
  - Contoh: She wakes up at 6 a.m.

Note:

Midday or noon = 12:00 in the day.

Midnight = 12:00 at night.


4.Evaluasi

Soal 1:
What time do you usually wake up in the morning?
A. At 8 p.m.  
B. At 6 a.m.  
C. At midnight  
D. At 10 p.m.  

Soal 2:
What do you usually have for breakfast?
A. Rice and chicken  
B. Spaghetti for dinner  
C. A cup of coffee and a slice of bread  
D. Pizza for lunch  

Soal 3:
How do you go to school every day?
A. By car  
B. By airplane  
C. By boat  
D. By motorcycle  

Soal 4:
What do you do after school?
A. Go to bed  
B. Watch TV  
C. Study and do homework  
D. Go to the market  

Soal 5:
When do you usually go to bed at night?
A. At 10 a.m.  
B. At noon  
C. At 9 p.m.  
D. At 3 a.m.  


6.esimpulan (Conclusion)

Materi "Daily Activities" bertujuan untuk membantu siswa mengenali dan mengungkapkan kegiatan harian mereka dalam bahasa Inggris. Mereka belajar kosa kata yang berkaitan dengan rutinitas sehari-hari, serta bagaimana menyusun kalimat menggunakan simple present tense. Dengan latihan mendengar, berbicara, menulis, dan diskusi, siswa diharapkan mampu menjelaskan rutinitas harian mereka dengan lancar. 

Selain itu, pemahaman t simple present tense menjadi fondasi penting dalam mengungkapkan fakta-fakta sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga diharapkan bisa lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris dalam konteks yang relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari.


Reference

1. Buku English For Nusantara            From KEMENDIKBUD
                                             2,https://adjar.grid.id/read/543415870/materi-daily-activity-pelajaran-bahasa-  inggris-kelas-7-smp?page=all#google_vignette

3.ChathGPT

Komentar

  1. Assalamualaikum wr wb..saya fadhil 7A terima kasih mem atas pelajaran hari ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24