RECIPE OF FOODS AND DRINKS KELAS 7

 IDENTITY

RECIPE OF FOODS AND DRINKS KELAS 7

pada tanggal Oktober 08, 2024

MATA PELAJARAN               : BAHASA INGGRIS

KELAS                                       :  7B, 7B

FASE                                          : D

ELEMEN                                   : MENYIMAK - BERBICARA

PERTEMUAN                           : KE-2 (KEDUA)

MATERI                                    : RECIPE OF FOODS AND DRINKS

GURU PENGAMPUH              : LELA UTAMA, S. Pd, M.M

WAKTU PEMBELAJARAN    : KAMIS, 10 OKTOBER 2024


CAPAIAN PEMBELAJARAN : 

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.


TUJUAN PEMBELAJARAN

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

1. Memahami Alat-alat yang digunakan untuk membuat resep makanan dan minuman                                                                      

2. Memahami bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep makanan dan minuman

3. Menulis resep makanan dan minuman


Assalamu'alaikum Wr.Wb

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْد

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi

Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,

Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is about Foods and drinks. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.


Catatan Untuk diketahui secara umum


Kind of recipes

1. Main Course Recipes:

 Meals that are served as the primary dish, like grilled chicken, pasta, or nasi goreng.

2.Side Dish Recipes: 

Smaller portions of food that accompany the main course, like salads, mashed potatoes, or fried tempeh.

3.Dessert Recipes: 

Sweet dishes served at the end of a meal, such as cakes, pudding, or kue lapis.

4. Snack Recipes:

 Light food often eaten between meals, like cookies, chips, or bakwan.

5.Beverage Recipes: 

Drinks, both hot and cold, such as smoothies, coffee, or iced tea.

6.Breakfast Recipes: 

Dishes typically eaten in the morning, such as scrambled eggs, pancakes, or bubur ayam.

7.Vegetarian/Vegan Recipes

Dishes made without meat, and sometimes without animal products at all, like vegetable stir-fry or tofu curry.


Berikut adalah langkah-langkah  untuk melaksanakan resep dengan benar:


1.Membaca Resep Secara Menyeluruh 

membaca resep dari awal sampai akhir untuk memahami bahan-bahan dan langkah-langkah yang diperlukan. Ini akan membantu mereka mempersiapkan semuanya dengan baik.

2.Mempersiapkan Bahan dan Alat  

Ajari siswa untuk mengukur dan menyiapkan semua bahan sesuai resep, serta menyiapkan alat masak yang diperlukan seperti panci, wajan, atau blender.

3.Mengikuti Langkah dengan Urut  

Tekankan pentingnya mengikuti setiap langkah sesuai urutan yang tertera di resep. Langkah-langkah ini biasanya disusun untuk menghasilkan hasil yang terbaik.

4.Memeriksa Suhu dan Waktu

memahami pentingnya waktu dan suhu dalam proses memasak. Misalnya, memanggang dengan suhu yang tepat atau merebus dengan durasi yang cukup agar hasilnya sesuai.

5.Memerhatikan Teknik Memasak 

 Perhatikan teknik memasak yang tercantum dalam resep, seperti menggoreng, mengukus, atau memanggang. Ajari siswa untuk memperhatikan istilah-istilah ini agar proses memasak berjalan lancar.

6.Mencicipi dan Koreksi Rasa  

Sarankan siswa untuk mencicipi makanan pada saat yang tepat untuk memastikan rasanya sesuai. Jika perlu, mereka bisa menambahkan bumbu seperti garam atau gula.

7.Menyajikan dengan Rapi

Setelah makanan selesai, ajari siswa untuk menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik. Ini termasuk menata makanan di piring dan menambahkan hiasan jika diperlukan.

8.Membersihkan Peralatan

Langkah terakhir adalah membersihkan alat dan bahan yang sudah digunakan. Ajari siswa untuk menjaga kebersihan dapur setelah memasak.

Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu menghasilkan masakan yang sesuai dengan resep, serta mengajarkan disiplin dalam mengikuti instruksi.


RECIPE OF FOODS AND DRINKS

• The teacher ask for students to see the video of procedure text.


Please see the video bellow!



Questions

1. What does the author make a purpose of the video?

2. what did you get after you see the videos?

3. How many utensils/ tools have you seen?

4. Who will probably watch this video mostly?

5. Is the recipe important to you? Why?



EVALUASI

These provided different video links of procedure text which one you and group prefer! And then make a recipe how to make it!


1. https://www.youtube.com/watch?v=zsNnqYN_a6Y 

2. https://www.youtube.com/watch?v=V49zcdFI8Z8 

3. https://www.youtube.com/watch?v=IIQESEH1Wy8 

4. https://www.youtube.com/watch?v=gWRKHj6b-4g


KESIMPULAN:

Umtuk memahami bagaiman membuat makanan dan minuman maka siswa akan melihat dan menganalisa resep dari makanan dan minuman tersebut.


REFERENSI

1. Buku English For Nusantara From KEMENDIKBU

2. ww.youtube.com/watch?app=desktop&v=GHr1HgIF9lQ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24