MATERI KELAS 9 KD 3.10 DAN 4.10 ADVERTISEMENT


 ASSALAMUALAIKUM WR WB........

ANAK ANAK KU YANG SHOLEH DAN SHOLEHAH MAM HARAP KALIAN SEMUA SELALU DALAM KEADAAN SEHAT WAL' AFIAT  DAN SELALU  SEMANGAT BELAJAR WALAU SITUASI MASIH BELAJAR MELALUI DARING 

DAN JANGAN LUPA  SEBELUM BELAJAR KITA BERDOA DULU YA ,....AGAR KITA SELALU MENDAPATKAN SAFAATNYA DAN BIMBINGANNYA....AAMIIN

Good morning Sholeh and sholeha, how are you today I hope you are great and Allah SWT always protect and give His mercy to us, Aamiin YRA.

Oke before continuing our lesson today don't forget to pray Dhuha, Murojaah Al Qur'an and always do our 5 times Of Pardu.

IDENTITAS

HARI/TANGGAL ; SENIN 5, April  2021

MAPEL                  ; BAHASA INGGRIS

KELAS                   ; 9E,9F,9G

KD                           : 3.10 DAN 4.10

MATERI                  :  ADVERTISEMENT    

PERTEMUAAN      :  KE 12 SEMESTER GENAP


Materi : ADVERTISEMENT


TUJUAN PEMBELAJARAN
SISWA DIHARAPKAN DAPAT MENGERTI PENJELASAN TENTANG ADVERTISEMENT DAN DAPAT  MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEXT DARI SEBUAH ADVERTISEMENT

ADVERTISEMNET

1.      Pengertian Advertisement (Periklanan)

Advertisement  (Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan yang dibayar oleh orang-orang yang mengirim mereka dan dimaksudkan untuk memberitahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.

Advertisement selalu hadir, meskipun orang-orang mungkin tidak menyadari hal itu. Dalam dunia sekarang ini, iklan menggunakan setiap media yang mungkin untuk melewati pesannya. Hal ini melalui televisi, cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio, siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes, sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan orang-orang (endorsements).


2. Tujuan Advertisement (Periklanan)

  • Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
  • untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
  • Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
  • Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
  • Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
  • Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.

   3. Jenis Advertisement (Periklanan)

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:

1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom

2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

3. Iklan Display 
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

4. Iklan elektronik 
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.

4. Ciri Advertisement (Periklanan)

Advertisement iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:

  • Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
  • Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
  • Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
  • Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)

  • Purpose (tujuan)

Apa itu tujuan dari penulis untuk menulis teks iklan?

  • Name of product (Nama Produk)

ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?

  •   User (pengguna)

Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?

 





Contoh Internet SIM Card Avertisement 

1.      Pengertian Advertisement (Periklanan)

Advertisement  (Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan yang dibayar oleh orang-orang yang mengirim mereka dan dimaksudkan untuk memberitahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.

Advertisement selalu hadir, meskipun orang-orang mungkin tidak menyadari hal itu. Dalam dunia sekarang ini, iklan menggunakan setiap media yang mungkin untuk melewati pesannya. Hal ini melalui televisi, cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio, siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes, sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan orang-orang (endorsements).


2. Tujuan Advertisement (Periklanan)

  • Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
  • untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
  • Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
  • Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
  • Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
  • Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.

   3. Jenis Advertisement (Periklanan)

Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:

1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom

2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.

3. Iklan Display 
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.

4. Iklan elektronik 
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio,  iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.

4. Ciri Advertisement (Periklanan)

Advertisement iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:

  • Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
  • Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
  • Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
  • Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.

5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)

  • Purpose (tujuan)

Apa itu tujuan dari penulis untuk menulis teks iklan?

  • Name of product (Nama Produk)

ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?

  •   User (pengguna)

Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?

 

Contoh Internet SIM Card Avertisement 


When was the last time you tasted the freedom to surf without many requirements? Starting from the time limitation, short life, until the quota is always forfeited if not in use when the lifetime has expired.

If you feel that freedom crap, now with Always On, feel the unconditional Internet freedom.

When was the last time you tasted the freedom to surf without many requirements? Starting from the time limitation, short life, until the quota is always forfeited if not in use when the lifetime has expired.

If you feel that freedom crap, now with Always On, feel the unconditional Internet freedom.

Read the material about advertisement above, then you may write to your notebook, if you do not understand aboutadvertisement you can ask me

Thank you.

PENUGASAN

DITUGASKAN KE SEMUA SISWA

UNTUK MEMAHAMI MATERI INI DAN MEMBUAT RESUMENYA DAN DIKIRIM LEWAT NOTE VOICE MELALUI WA YA JUGA JANGAN LUPA KIRIM PHOTO SAAT MENGINGKUTI KEGIATAN  DARING JUGA JGN LUPA ABSENT DIBLOG DAN SIMASKOT

SELAMAT BELAJAR

SELALU JAGA KESEHATAN  DAN SELALU SEMANGAT ANAK SHOLEH DAN SHOLEHAH



Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thank you mam
    M. Rashky zaid 9e

    BalasHapus
  3. Thankyou mam
    Banyu laksana bimantara 9E

    BalasHapus
  4. Thank you mam
    -Annisa Lutfiah cessaria 9E

    BalasHapus
  5. Okay ma'am thank you
    Athallah Rafif A 9e

    BalasHapus
  6. Thank you mam
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  7. Thank you mam
    Affan fazle mawla 9G

    BalasHapus
  8. Thank you mam
    M.Faqih rahman 9E

    BalasHapus
  9. Thank you mam
    Aina niken r 9E

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24