MATERI KELAS 9 KD 3.10 DAN 4.10 ADVERTISEMENT
ASSALAMUALAIKUM WR WB........
ANAK ANAK KU YANG SHOLEH DAN SHOLEHAH MAM HARAP KALIAN SEMUA SELALU DALAM KEADAAN SEHAT WAL' AFIAT DAN SELALU SEMANGAT BELAJAR WALAU SITUASI MASIH BELAJAR MELALUI DARING
DAN JANGAN LUPA SEBELUM BELAJAR KITA BERDOA DULU YA ,....AGAR KITA SELALU MENDAPATKAN SAFAATNYA DAN BIMBINGANNYA....AAMIIN
Good morning Sholeh and sholeha, how are you today I hope you are great and Allah SWT always protect and give His mercy to us, Aamiin YRA.
Oke before continuing our lesson today don't forget to pray Dhuha, Murojaah Al Qur'an and always do our 5 times Of Pardu.
IDENTITAS
HARI/TANGGAL ; SENIN 5, April 2021
MAPEL ; BAHASA INGGRIS
KELAS ; 9E,9F,9G
KD : 3.10 DAN 4.10
MATERI : ADVERTISEMENT
PERTEMUAAN : KE 12 SEMESTER GENAP
Materi : ADVERTISEMENT
ADVERTISEMNET
1. Pengertian Advertisement (Periklanan)
Advertisement (Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan yang dibayar oleh orang-orang yang mengirim mereka dan dimaksudkan untuk memberitahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.
Advertisement selalu hadir, meskipun orang-orang mungkin tidak menyadari hal itu. Dalam dunia sekarang ini, iklan menggunakan setiap media yang mungkin untuk melewati pesannya. Hal ini melalui televisi, cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio, siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes, sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan orang-orang (endorsements).
2. Tujuan Advertisement (Periklanan)
- Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
- untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
- Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
- Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
- Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
- Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.
3. Jenis Advertisement (Periklanan)
Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom
2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan Display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.
4. Ciri Advertisement (Periklanan)
Advertisement iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:
- Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
- Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
- Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
- Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)
- Purpose (tujuan)
Apa itu tujuan dari penulis untuk menulis teks iklan?
- Name of product (Nama Produk)
ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?
- User (pengguna)
Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?
Contoh Internet SIM Card Avertisement
1. Pengertian Advertisement (Periklanan)
Advertisement (Periklanan) adalah adalah sebuah teks yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang dan agar suatu produk tambah terkenal di semua kalangan umum berupa sarana komunikasi dengan pengguna produk atau layanan. Iklan yang dibayar oleh orang-orang yang mengirim mereka dan dimaksudkan untuk memberitahu atau mempengaruhi orang-orang yang menerima pesan.
Advertisement selalu hadir, meskipun orang-orang mungkin tidak menyadari hal itu. Dalam dunia sekarang ini, iklan menggunakan setiap media yang mungkin untuk melewati pesannya. Hal ini melalui televisi, cetak (koran, majalah, jurnal dll), radio, siaran, internet, penjualan langsung, hoardings, mailer, kontes, sponsor, poster, pakaian, peristiwa, warna, suara, visual dan bahkan orang-orang (endorsements).
2. Tujuan Advertisement (Periklanan)
- Untuk mengajak pendengar atau pembaca untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.
- untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat
- Menyadarkan komunikan dan memberikan informasi mengenai suatu produk (bisa berupa barang, jasa, ide, dan lain sebagainya).
- Berupaya menimbulkan rasa suka kepada diri komunikan atas produk yang diiklankan tersebut dengan memberikan prefensi-prefensi.
- Meyakinkan konumikan akan kebenaran produk tersebut sehingga mereka berusahaan untuk memiliki atau menggunakan produk itu.
- Dari sudut pandang konsumen, konsumen menjadi tahu informasi mengenai produk tersebut, baik harga, spesifikasi, fungsi, dll.
3. Jenis Advertisement (Periklanan)
Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut:
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 2 bentuk yaitu: Iklan Baris dan Iklan Kolom
2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
3. Iklan Display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
4. Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi: iklan radio, iklan televisi, iklan internet, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.
4. Ciri Advertisement (Periklanan)
Advertisement iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut:
- Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
- Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran
- Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
- Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
5. Generic Structure Advertisement (Periklanan)
- Purpose (tujuan)
Apa itu tujuan dari penulis untuk menulis teks iklan?
- Name of product (Nama Produk)
ini adalah tentang nama dan merek. Apa produk, Layanan atau acara untuk menjual?
- User (pengguna)
Yang membutuhkan produk? Ares apa produk dan layanan untuk?
Contoh Internet SIM Card Avertisement
When was the last time you tasted the freedom to surf without many requirements? Starting from the time limitation, short life, until the quota is always forfeited if not in use when the lifetime has expired.
If you feel that freedom crap, now with Always On, feel the unconditional Internet freedom.
When was the last time you tasted the freedom to surf without many requirements? Starting from the time limitation, short life, until the quota is always forfeited if not in use when the lifetime has expired.
If you feel that freedom crap, now with Always On, feel the unconditional Internet freedom.
Read the material about advertisement above, then you may write to your notebook, if you do not understand aboutadvertisement you can ask me
Thank you.
PENUGASAN
DITUGASKAN KE SEMUA SISWA
UNTUK MEMAHAMI MATERI INI DAN MEMBUAT RESUMENYA DAN DIKIRIM LEWAT NOTE VOICE MELALUI WA YA JUGA JANGAN LUPA KIRIM PHOTO SAAT MENGINGKUTI KEGIATAN DARING JUGA JGN LUPA ABSENT DIBLOG DAN SIMASKOT
SELAMAT BELAJAR
SELALU JAGA KESEHATAN DAN SELALU SEMANGAT ANAK SHOLEH DAN SHOLEHAH
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusthank you mam
BalasHapusfarida febrian f 9E
Thank you mam
BalasHapusNurliza dasyu 9G
Thank you mam
BalasHapusLuthfia 9F
Thank you mam
BalasHapusM. Rashky zaid 9e
thank you mam
BalasHapusklara rahma 9e
Thank you mam
BalasHapusSherly
thank you mam
BalasHapuszaskia ramadhina 9g
Thankyou mam
BalasHapusBanyu laksana bimantara 9E
Thank you mam
BalasHapusSalsabila 9e
Thank you mam
BalasHapus-Annisa Lutfiah cessaria 9E
thank you mam
BalasHapusfalsya nanda 9f
Okay ma'am thank you
BalasHapusAthallah Rafif A 9e
Thank you mam
BalasHapus__Suci Ramadhani 9G
Thank you mam
BalasHapusR.wiguma bimasenda Alif
9e
Thank you mam
BalasHapusAffan fazle mawla 9G
thank you mam
BalasHapusnatasya 9g
Thankyou mam
BalasHapusRisky 9e
thanks mam
BalasHapuslaudy salwa 9e
Thank you mam
BalasHapusGama thorfa riyadi 9f
Thank you mam
BalasHapusWiarya Winata 9e
Thankyou mom naufal athala 9g
BalasHapusThank you mam
BalasHapusM.Faqih rahman 9E
Thank you mam
BalasHapusAina niken r 9E
Thank you mam
BalasHapusSalsabila 9e