CONTOH KEGIATAN - KEGITAN PRESENT CONTINOUSE TENSE

 MATA  PELAJARAN , BAHASA INGGRIS

GURU MATA PENGAMPU : LELA UTAMA,S.PD,M.M

WAKTU PEMBELAJARAN  : 

SELASA, 24  JANUARI 2023


KELAS :    SELASA  (8A  JAM  KE 1, 2)

                  SELASA  (8B  JAM  KE 6,7)  

                   SELASA  (8C  JAM  KE 9,10,)


KOMPETENSI DASAR ; 3.8 dan 4.8

3.8

Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)

4.8

Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks



TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ berlangsung saat diucapkan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan present continuous tense)

1-siswa  dapat mengindentifikasi struktur  teks memulai dan menanggapi teks instruksi transaksional memberi dan meminta informasi terkait  Kalimat deklaratif dan itrogar

tif dalam present Continouse Tense 

2.siswa dapat  melakukan dialogue  menggunakan kalimat 

present Continouse Tense dalam bertanya dan menjawab pentanyaan guru dan  temannya sekelas apa yang sedang mereka kerjakan

3.Siswa  dapat membuat  kalimat dialogue memberi dan meminta informasi terkait keadaan/kejadian/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan berlangsung saat diucapkan berlangsung
sesuai dengan konteks penggunaannya


MATERI  LANJUTAN PERTEMUAAN KE 1


APA YANG SEDANG KAMU LAKUKAN

 
CONTOH KEGIATAN - KEGITAN  PRESENT CONTINOUSE TENSE















CONTOH DIALOGUE SIMPLE PRESENT CONTINOUSE TENSE

Anggi

:

Hello. Anggi is speaking. Who is it?

Harmoni

:

Hello Anggi. I’m Harmoni.

Anggi

:

Oh, Harmoni. Are you using somebody’s phone? This isn’t your phone numbers, right?

Harmoni

:

No, it isn’t. I am using my mother’s phone. My battery is running out. By the way, what are you doing?

Anggi

:

Oh, I’m studying right now. We are having Science examination tomorrow morning. Do you forget it?

Harmoni

:

Of course not. That’s why I am calling you now.

Anggi

:

Oh, what’s up? Is there anything I can help?

Harmoni

:

Owh, I do not know where to start learning. These are difficult materials. I am trying to remember all things. I have been reading the Science books five times. But I cannot remember almost all of them. I am afraid that I will fail the exam.

Anggi

:

Keep calm, Harmoni. You cannot concentrate at the same time you’re worrying about the failure. Start from the easiest material. One more, you should not memorize all things. Try to understand them.

Harmoni

:

Yeah, I think so. I will try to understand those materials.

Anggi

:

O yeah, I am just remembering something. I have some Science videos. I have watched all of them. Those videos give me clear explanation about Science. I think you should watch them too.

Harmoni

:

Oh, that sounds great.

Anggi

:

I am in front of my computer now. I am sending the links of the videos to your email. Check them out.

Harmoni

:

Wow, thanks, Anggi. You’re saving my life!

Anggi

:

Oh, don’t mention it. Good luck on the exam tomorrow. Bye.

Harmoni

:

U too. Bye.



Lalu bagaimana rumusnya? 

kalimat present continuous tense ini bisa dibagi menjadi 3 yakni positive, negative, dan interrogative. Rumus sederhananya:

S + to be (am/is/are) + V-ing

Hanya saja yang perlu diperhatikan ialah penggunaan subjek serta kata kerja bantu to be. 

I + am
He + is
She + is
It + is

You + are
We + are
They + are

 

(+) S + to be (am/is/are) + V-ing

·         Budi is cleaning the whiteboard 

 (       (Budi sedang membersihkan papan tulis)

 (-) Subject + to be (am/is/are) + not + V-ing

·         He is not kicking the ball 

·         ( dia tidak sedang menendang bola)

·          

 (?) To be (am/is/are) + S + V-ing?

·         Are you watching TV?

·          (Apakah kamu sedang melihat TV?) 

·          

Yes I am (Ya, benar)

No, I am not ( tidak)

 

·         Are they playing football in the school yard? 

·         (Apakah mereka sedang bermain sepak bola dihalaman sekolah?) 

·          

Yes they are (Ya, benar)

No, they are not ( tidak)

 

Ada beberapa penanda waktu (time signals)

yang biasanya digunakan dalam tense ini, diantaranya ialah...now, right now, at the moment,

dan lainnya. Untuk peletakannya, biasanya di awal kalimat atau diakhir kalimat:

 

·         Now, they are listening to music 

·         ( Sekarang, mereka sedang mendengarkan lagu)

·          

·         Are you studying Math right now? 

·         ( apakah kamu sedang belajar matematika sekarang?)

·         He is not buying a new car at the moment 

·         ( dia tidak sedang membeli mobil baru saat ini)

·          

PENUGASAN 

SISWA  MEMBUAT SIMPLE  DIALOGUE  PRESENT CONTINOUSE KEGIATAN YANG SEDANG BERLANGSUNG DAN TERJADI SEHARI HARI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 7 DAILY ACTIVITIES / ROUTINES

PENILAIAN HARIAN HARI KAMIS ,25,04,24