TELLING TIME KELAS 7
TELLING TIME KELAS 7
pada tanggal Februari 6, 2025
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS : 7A
FASE : D
ELEMEN : MENYIMAK - BERBICARA
PERTEMUAN : KE-1 (PERTAMA)
MATERI : NUMBERS
GURU PENGAMPU :LELA UTAMAS.Pd.M.M
WAKTU PEMBELAJARAN : KAMIS, 6 FEBRUARI 2025
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Peserta didik berupaya untuk menulis kata kata baru berdasarkan pemahaman mereka terhadap hubungan huruf bunyi dalam Bahasa inggris. Peserta didik mengukur pemahaman yang lebih konsisten bahwa teks dalam Bahasa inggris ditulis dengan kaidah (konversi) yang diseduaikan dengan konteks dan tujuan nya
TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
1. Peserta didik mampu memahami perbedaan antara Cardinal dan Ordinal Numbers
2. Peserta didik mampu berbicara tentang Numbers
3. Peserta didik mampu membaca Numbers
Peserta didik mampu menulis numbers
4.Peserta didik mampu membaca dan menulis jadwal kelas dan mata pelajaran sekolah
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is Procedure Text. Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
TELLING TIME
1. Asking the Time
(Menanyakan Waktu)
Ekspresi yang umum digunakan:
What time is it? (Jam berapa sekarang?)
Do you have the time? (Apakah kamu tahu jam berapa sekarang?)
Could you tell me the time? (Bisakah kamu memberitahu saya jam berapa sekarang?)
What’s the time, please? (Jam berapa, tolong?)
Contoh
Dialogue 1:
A: Excuse me, what time is it?
B: It’s half past seven. (Jam setengah delapan.)
Dialogue 2:
A: Do you have the time?
B: Yes, it’s quarter to three. (Jam tiga kurang seperempat.)
Dialogue 3:
A: Could you tell me the time, please?
B: Sure. It’s ten o’clock. (Jam sepuluh tepat.)
2. Telling the Time
(Menyebutkan Waktu)
Pola Umum:
O’clock :
digunakan untuk jam tepat
(misalnya: It’s 4 o’clock.)
Past untuk waktu lewat dari jam
(misalnya: It’s 10 past 5 = jam 5 lewat 10 menit)
To :
untuk menunjukkan waktu menuju jam berikutnya
(misalnya: It’s 20 to 6 = jam 6 kurang 20 menit)
Half past :
untuk setengah jam (misalnya: It’s half past 2 = jam setengah tiga)
Quarter past :
untuk 15 menit lewat
(misalnya: It’s quarter past 9 = jam 9 lewat 15 menit)
Quarter to:
untuk 15 menit menuju jam berikutnya
(misalnya: It’s quarter to 8 = jam 8 kurang 15 menit)
Contoh Secara Detil:
1. 05:00 → It’s five o’clock.
(Jam lima tepat)
2. 05:10 → It’s ten past five.
(Jam lima lewat sepuluh menit)
3. 05:30 → It’s half past five.
(Jam setengah enam)
4. 05:45 → It’s quarter to six.
(Jam enam kurang lima belas menit)
5. 05:50 → It’s ten to six.
(Jam enam kurang sepuluh menit)
Format Alternatif (Digital Style):
1.It’s five fifteen. (05:15)
2.It’s eleven forty-five. (11:45)
3. Tenses yang Digunakan:
1.Simple Present Tense digunakan karena waktu bersifat fakta yang berlaku umum dan tidak berubah.
Contoh: It’s seven o’clock.
2.Untuk menanyakan waktu di masa lampau, bisa menggunakan Past Tense.
Contoh:
What time was it when you arrived?
(Jam berapa saat kamu tiba?)
3.Untuk menyebutkan waktu di masa depan, bisa menggunakan Future Tense.
Contoh:
It will be ten o’clock soon. (Sebentar lagi jam sepuluh.)
EVALUASI
Please make simple conversation using time!
KESIMPULAN:
Setelah kalian mempelajari Time (Waktu) dalam bahasa inggris kalian dapat menanyakan
waktu dalam bahasa inggris dan menggunakan nya dalam percakapan
REFERENSI
1.Buku English For Nusantara From KEMENDIKBUD
2.https://www.youtube.com/watch?v=P4LPcDhm15w
Komentar
Komentar
Posting Komentar