MATERI KELAS 9: Advertisement
IDENTITAS :
Hari/Tanggal : Kamis, 10 Maret 2025
Mapel : Bahasa Inggris
Kelas : 9D
KD : 3.10 dan 4.10
TP
(TUJUAN PEMBELAJARAN)
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
Tujuan Pembelajaran (Learning Objectives):
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi unsur-unsur dalam sebuah iklan.
2. Memahami tujuan dari sebuah iklan.
3. Menganalisis informasi penting dalam iklan tertulis.
4. Membuat iklan sederhana dalam bahasa Inggris secara kreatif dan komunikatif.
Pengertian Advertisement:
Advertisement (Iklan) adalah media promosi yang bertujuan untuk menarik perhatian orang agar membeli produk, menggunakan jasa, atau mengikuti suatu acara.
Unsur-unsur Iklan (Elements of Advertisement):
1. Headline – Judul utama yang menarik perhatian.
2. Body copy – Isi dari iklan yang menjelaskan produk/jasa/acara.
3. Call to action – Ajakan untuk melakukan sesuatu, misalnya "Buy now!" atau "Visit us today!"
4. Contact information – Informasi kontak atau lokasi.
5. Images or Visuals – Gambar yang mendukung isi iklan (jika ada).
4 :&yy
Contoh Advertisement (Example):
Example 1: Product Advertisement
> Get Fresh with Aqua Mineral Water!
Pure, refreshing, and natural.
Available in stores near you.
Stay Hydrated, Stay Healthy!
Visit us at www.aquawater.com
Example 2: Event Advertisement
> Don’t Miss the English Day Festival!
Join us for games, contests, and fun activities.
Date: Friday, March 10
Time: 8 AM - 2 PM
Venue: School Hall
Let’s celebrate English together!
Assalamualaikum wr wb
Good morning student, how are you today? Have you pray shubuh today? For the boys please pray at the mosque and for the girls at home,
Oke now we are going to continue our lesson but before that do you remember our last lesson? Yes you are right it is Report text Now we’ll continue our lesson, lets read it first.
Advertisement
Advertisement (disingkat menjadi Ads). Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Iklan bisa berupa tulisan, Lisan, maupun Audio-Visual yang sering kita lihat di TV.
Fungsi Advertisement
· Giving an information = Advertisement tentu memberikan informasi kepada konsumen tentang apa-apa hal tentang produk/jasa yang akan dijual.
· To influence or to persuade = Sebuah Advertisement berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.
· To give the impression : Dengan memperkenalkan produk kita ke orang lain maka orang-orang akan mempunyai kesan tersendiri dengan Advertisement yang kita pasang, contohnya Advertisement-nya yang menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.
· Communication tool = Advertisement bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.
Generic Structure dari Advertisement
· Title (Judul) = Bagian title ini menjelaskan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement. Contohnya: Buy one get one free!
· Explanation (Penjelasan) = Pada bagian explanation ini berisi semua informasi mengenai Advertisement itu sendiri, Yaitu bisa berupa, apa produknya, siapa yang harus memakainya, bagaimana cara menggunakannya, dan lain sebagainya.
Contoh Advertisement
Advertisement konser
Advertisement Shampoo
Advertisement Hotel
Advertisement Ice Cream
Advertisement Restaurant
Tugas untuk Siswa:
Tugas Individu: Buatlah sebuah iklan sederhana dalam Bahasa Inggris. Pilih salah satu topik berikut:
Produk makanan/minuman
Jasa (contoh: les privat, laundry, dll.)
Acara sekolah
Ketentuan:
Gunakan unsur-unsur iklan (headline, body, call to action, dsb)
Sertakan gambar jika memungkinkan (untuk tugas di buku gambar atau poster)
Tulis minimal 5 kalimat
Dikumpulkan minggu depan
Boleh digambar....seperti contoh
Kesimpulan:
Advertisement adalah media promosi untuk menarik perhatian publik.
Terdiri dari beberapa elemen penting seperti headline, isi, ajakan, dan kontak.
Iklan bisa berupa produk, jasa, atau promosi acara.
Bahasa yang digunakan harus menarik, singkat, dan persuasif.
REFERENSI
1. Buku English For Nusantara From KEMENDIKBUD
2.https://www.ruangguru.com/blog/aspek-procedure-text-dan-contohnya
3.https://www.detik.com/sumut/berita/d-7218210/15-contoh-procedure-text-bahasa-inggris-singkat-dan-artinya
Komentar
Posting Komentar